Manila (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Johny Lumintang, mengharapkan seluruh pemain sepak bola di Tanah Air lebih mementingkan negara dibandingkan klubnya.

"Saya dengar ada beberapa pemain potensial tidak diizinkan klubnya ikut kejuaraan AFF. Ini kan sangat disayangkan," kata Lumintang, di Manila, Filipina, ketika menjamu pewarta peliput AFF Suzuki 2016, Rabu.

Semestinya, lanjut dia, usai Indonesia terlepas dari sanksi FIFA menunjukkan prestasi terbaik apalagi di Tanah Air memiliki banyak pesepakbola potensial yang kini bermain di klub.

"Terkait klub yang tidak memberikan izin, sangat disayangkan. Saya melihat potensi sepak bola Indonesia terus berkembang dan informasinya ada beberapa pemain yang diinginkan pelatih tetapi tidak bisa ikut," katanya.

Mengenai permainan Indonesia dalam laga kontra Filipina yang berakhir imbang 2-2, semestinya itu tidak terjadi karena secara permainan imbang.

"Mudah-mudahan melawan Singapura Indonesia bisa menang dan terus melaju ke babak semifinal," kata dia.

Ia juga menjelaskan, warga Indonesia di Filipina sangat antusias menyaksikan tim nasional berlaga, bahkan pada hari pertandingan pertama melawan Thailand, suporter Indonesia baik yang datang dari Tanah Air dan yang ada di Filipina menjadi yang terbanyak.

"Kalau ada laga sepak bola asal Indonesia, warga Indonesia di Filipina banyak yang nonton," kata dia, seraya menyatakan ikut menyaksikan pertandingan timnas Indonesia melawan Filipina, Selasa lalu (22/11).

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016