Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amman meresmikan Taman Indonesia di Kota Salt, Jordania dan menanam 400 pohon di taman tersebut, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pembukaan Taman Indonesia di Kota Salt itu dilakukan KBRI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Salt dan Asosiasi Persahabatan Jordania-Indonesia (Jordan-Indonesia Friendship Association/JIFA) dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, yang ditetapkan pada 21 November.

Hal itu sesuai dengan komitmen KBRI Amman untuk membantu melakukan penghijauan di Jordania, sekaligus sebagai bentuk promosi Indonesia yang hijau.

Menurut pihak KBRI, inisiatif pembuatan Taman Indonesia itu berawal dari keinginan Wali Kota Salt, Khalid Khashman, setelah mendapatkan kesan positif dalam menyaksikan peresmian Taman Indonesia di Kota Amman dan di Universitas Philadelphia, Jerash, pada Januari 2016.

Wali Kota Salt menyediakan lahan untuk Taman Indonesia yang terletak di pinggir Kota Salt, berlokasi di tepi bukit, menghadap hamparan hijau luas dan perbatasan Negara Palestina. Luas taman tersebut adalah sekitar 12 hektare.

KBRI Amman selanjutnya membangun gapura, memasang papan petunjuk, dan menyediakan 400 pohon untuk ditanam, antara lain zanzalaq, yasmin azraq, zamzariq, dan jenis tanaman lokal lainnya yang sesuai dengan iklim setempat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sat Khalid Khashman menyampaikan terima kasih atas dukungan KBRI Amman dalam membantu penghijauan di Kota Salt dalam bentuk Taman Indonesia.

Dia menilai kegiatan penghijauan itu merupakan langkah awal untuk membangun kerja sama bilateral yang lebih erat antara Indonesia dan Jordania di masa mendatang.

Selanjutnya, KBRI Amman dan Pemerintah Jordania juga sepakat untuk mempromosikan dan mendukung aksi penanggulangan perubahan iklim dengan menciptakan lingkungan hidup yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016