Gunung Kidul, DIY (ANTARA News) - Polres Kupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan seluruh personil untuk mengamankan perayaan Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017, yakni tempat ibadah dan objek wisata.

"Kami melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan menjelang perayaan keagaam," kata Kepala Polres Gunung Kidul, AKBP Nugrah Trihadi, di Gunung Kidul, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya fokus pengamanan utamanya tempat ibadah gereja tempat berlangsungnya prosesi Natal. Selain itu, objek wisata menjadi salah satu lokasi pengamanan. "Nanti juga akan membuat pos pengamanan," katanya.

Nugrah mengatakan pihaknya akan melakukan pemetaan gereja, yang memiliki jemaah banyak. Adapun di Gunung Kidul terdapat 132 gereja yang terdiri dari Gereja Katolik sebanyak 51 gereja, dan gereja protestan sebanyak 81 gereja. Nantinya pihaknya akan melakukan streilisasi gereja sebelum digunakan perayaan Natal.

Hal ini untuk mencegah terjadinya potensi gangguan keamanan. "Gereja yang memiliki jemaat cukup banyak akan dilakukan penanganan khusus," katanya.

Ia mengatakan polres akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Gunung Kidul untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Nantinya juga akan dilakukan gelar pasukan setelah rapat koordinasi.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016