Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik UIN Jakarta Gun Gun Heryanto mengapresiasi pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang menghadiri debat yang diadakan Kompas TV melalui acara Rosi "Kandidat Pemimpin Jakarta".

"Itu menunjukkan Anies-Sandi dan Ahok-Djarot memiliki goodwill dan political-will yang berorientasi ke depan untuk menyelesaikan permasalahan," kata Gun Gun kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Di sisi lain, Gun Gun menyayangkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang tidak hadir. Meskipun tidak diharuskan oleh undang-undang karena bukan debat resmi, kehadiran seluruh calon dalam debat bisa menjadi panggung yang bagus untuk pendidikan politik bagi masyarakat.

"Masyarakat Jakarta masih harus belajar mengenai politik. Mereka sedang beralih untuk menjalankan praktik politik yang lebih baik. Untuk itu diperlukan diskusi dan dialektika," kata Gun Gun.

Terkait dengan debat itu sendiri, Gun Gun menilainya cukup menarik dan menunjukkan kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan calon.

"Tentu kita berharap itu bisa menjadi tontonan yang cerdas bagi masyarakat," ujar dia.

Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menghadiri dalam debat pada acara Rosi yang disiarkan langsung Kompas TV, sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tidak hadir karena beralasan ada halangan.


Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016