Manchester, Inggris (ANTARA News) - Manchester City berhasil bangkit dari ketertinggalan dan membalikkan keadaan untuk membekuk Arsenal 2-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Utama Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Senin dini hari WIB.

City yang menguasai jalannya pertandingan dengan memiliki 61 persen pengendalian bola, malah tertinggal lebih dulu dari Arsenal lewat gol cepat yang dicetak Theo Walcott.

Pertandingan baru berjalan lima menit ketika umpan terobosan Alexis Sanchez membelah pertahanan City sebelum disambut Walcott dengan satu sentuhan kecil dan diselesaikan dengan tembakan yang menaklukkan penjaga gawang Claudio Bravo demi membawa Arsenal unggul 1-0.

Upaya City menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada awal-awal babak kedua, saat David Silva melepaskan umpan lambung melewati barisan pertahanan Arsenal yang disambut Leroy Sane dengan sontekan jarak dekat demi menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 47.

Menit 69, penjaga gawang Petr Cech melakukan penyelamatan gemilang atas bola tendangan Kevin De Bruyne yang sempat membentur pemain bertahan Arsenal demi menjaga kedudukan tetap imbang.

Akan tetapi, City akhirnya berbalik unggul ketika umpan silang De Bruyne berhasil diterima Raheem Sterling yang lantas menusuk ke dalam dan menyelesaikannnya dengan sepakan keras ke area tiang dekat demi membawa tuan rumah unggul 2-1 atas Arsenal pada menit 71.

De Bruyne berkesempatan membunuh pertandingan lebih awal, jika saja bola percobaan penyelesaiannya atas umpan silang Jesus Navas tak ditolak oleh tiang gawang.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan City merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara dengan koleksi 36 poin, melewati Liverpool (34) serta Arsenal (34) yang harus melorot ke urutan keempat.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Manchester City (4-1-4-1): Claudio Bravo (PG); Pablo Zabaleta (Bacary Sagna), Nicolas Otamendi, Aleksandar Kolarov, Gael Clichy; Fernando; Leroy Sane (Jesus Navas), Yaya Toure, David Silva, Raheem Sterling; Kevin De Bruyne (Kelechi Iheanacho)
Pelatih: Pep Guardiola

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Hector Bellerin, Gabriel, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Francis Coquelin (Olivier Giroud), Granit Xhaka; Theo Walcott, Mesut Oezil, Alex Iwobi (Alex Oxlade-Chamberlain/Mohamed Elneny); Alexis Sanchez
Pelatih: Arsene Wenger

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016