Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) dan PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) bekerja sama meluncurkan uang elektronik yaitu kartu TapCash RailPay yang dapat dipergunakan sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas member KAI.

Peluncuran BNI TapCash RailPay tersebut dilaksanakan di Jakarta, Senin, yang dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan direksi bank-bank milik negara yang tergabung dalam Himbara.

Dirut BNI Achmad Baiquni menuturkan KAI dan BNI bersinergi bersama-sama perbankan lainnya menerbitkan RailPay sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan di berbagai moda transportasi serta titik akseptasi lainnya. Langkah itu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas Bank Indonesia untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar membudayakan transaksi nontunai.

"Hal ini selaras dengan program sinergi BUMN lainnya seperti penggunaan fasilitas transaksi bersama, yang menargetkan akan mendirikan 10.000 ATM Link dan 10.000 EDC Link hingga akhir tahun 2016," katanya.

Uang elektronik dalam bentuk kartu yang disiapkan bagi pelanggan KAI tersebut tidak hanya berfungsi sebagai kartu pembayaran, namun juga berfungsi sebagai membership pengguna moda kereta api di Indonesia dengan segala fasilitasnya.

Kartu BNI TapCash RailPay dapat dipergunakan sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas member KAI. BNI TapCash RailPay akan dapat digunakan untuk pembelian Tiket Transportasi Antar Moda (TITAM), yaitu: Tiket KA Jarak Jauh, Tiket Pesawat, Tiket Kapal Laut, Tiket Damri, KA Bandara, LRT (Light Rail Transit), Railpay akan mendapatkan Program Pelanggan KAI, Mileage Program, Loyalti Program, dan Promo Program.

Kartu BNI TapCash RailPay dapat juga digunakan untuk bertransaksi di berbagai fasilitas publik. Pada fasilitas Transportasi & Parkir, BNI TapCash RailPay dapat dipakai pada kereta Commuterline Jabodetabek, Bus Transjakarta, e-Parking Reska, Transjogya, Terminal Parkir Elektronik DKI Jakarta, Parkir T3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun pada objek-objek wisata, BNI TapCash RailPay menemani pemiliknya untuk bertransaksi di Snowbay Waterpark, Pesona Waterpark, The Jungle, Taman Legenda TMII, Bojonegoro Funtasy dan Alfamart.

Kartu yang sama juga dapat dipergunakan untuk membayar jalan tol. Tol yang dapat menerima transaksi BNI TapCash RailPay adalah Tol Dalam Kota, Tol JORR, Tol Jakarta Tanggerang, Tol Jakarta Cikarang, Tol BORR, Tol Purbaleunyi, Tol Palimanan, Tol Pejagan Pemalang, Tol Surabaya Gresik, Tol Waru Sidoarjo, Tol Bali Mandara, Tol Makassar, menyusul segera Tol Jombang Kertosono (Joker), Tol Surabaya Gempol (Surgem) dan Tol Surabaya Mojokerto (Sumo).

Untuk mendapatkan TapCash RAILPAY, pelanggan KAI harus terdaftar di aplikasi Mobile KAI Access dan melakukan pembelian tiket KA Jarak Jauh dengan jumlah transaksi tertentu. Pelanggan KAI akan memperoleh empat pilihan kartu BNI TapCash RailPay, yaitu Kartu Regular, Premium, Gold dan Platinum.

Kartu TapCash Railpay Regular merupakan kartu untuk member biasa dengan fasilitas standar. Kartu ini diberikan kepada Pelanggan yang telah terdaftar di KAI Access dengan kriteria tertentu. Pemegang kartu Regular akan mendapatkan Fitur Layanan Pelanggan, Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran.

Kartu TapCash Railpay Premium adalah Upgrade dari Kartu Regular setelah Pelanggan mencapai Mileage tertentu. Pemiliknya akan mendapatkan Fitur Layanan Pelanggan, Fitur Layanan AntarModa dan Fitur Pembayaran, serta mendapatkan privilege layanan seperti executive lounge di Stasiun, priority queue di loket dan boarding.

Adapun, Kartu TapCash Railpay Gold merupakan Kartu untuk member VIP - Mendapatkan Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran. Kartu dengan benefit terlengkap adalah Kartu TapCash RAILPAY Platinum, yaitu Kartu untuk member VVIP, dimana pemiliknya akan Mendapatkan Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran, serta mendapatkan privilege layanan seperti executive lounge di Stasiun, priority saat boarding.

BNI memastikan kartu TapCash RailPay dapat diisi ulang dengan mudah melalui ATM BNI berlogo TapCash, Kantor Cabang BNI, BNI SMS Banking, Alfamart, loket halte Transjakarta dan Loket Stasiun Kereta Commuter Line Jabodetabek.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016