Jakarta (ANTARA News) - Peningkatan penumpang bus yang meninggalkan Ibu Kota Jakarta menjelang Natal 2016 melalui Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diperkirakan tertinggi terjadi pada Sabtu malam.

"Sebelumnya kami prediksi Jumat (23/12) seperti tahun lalu, ternyata hari ini lebih ramai. Kami perkirakan puncaknya nanti malam," ujar Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres Revi Zulkarnaen dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu.

Revi Zulkarnaen menuturkan pada Jumat, terdapat 752 penumpang yang berangkat dari Terminal Kalideres, sedangkan hari biasa rata-rata penumpang sebanyak 600-650 per hari. Tercatat peningkatannya sebesar 10 persen.

Sementara hingga Sabtu malam diperkirakan peningkatan yang terjadi sekitar 20 persen atau sebanyak 900 penumpang.

"Pemberangkatan di atas pukul 19.00 WIB itu pemberangkatan paling ramai. Kami juga mengumpulkan data dari P.O bus penumpang yang berangkat nanti diperkirakan segitu," kata Revi.

Peningkatan penumpang tidak terlalu signifikan, kata dia, karena tujuan keberangkatan dari terminal tersebut bukan rute lonjakan saat Natal.

Bus yang berangkat dari Terminal Kalideres sebagian besar memiliki tujuan ke Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

"Kalau dari sini, penumpang bukan yang merayakan Natal, tetapi hanya yang ingin menikmati liburan panjang saja," kata Revi.

Pihaknya memperkirakan pada Minggu (25/12) jumlah penumpang sudah menurun dan akan kembali ramai saat arus balik setelah tahun baru dan selesainya libur sekolah.

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016