Serang (ANTARA News) - Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan natal di wilayah Banten berjalan aman dan lancar.

"Kita harus pastikan rangkaian ibadah Natal di Banten bisa berjalan dengan aman dan lancar dan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah bisa berjalan dengan lancar dan tenang," kata Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat melakukan pemantauan pos pengamanan Natal dan Tahun Baru di alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di sejumlah titik pengamanan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, termasuk memantau kondisi di Pelabuhan Merak Cilegon.

"Tadi malam kami melakukan peninjauan di Pos Pam Merak. Terakhir kami memantau kendaraan yang menyeberang ke Bakauheni berjalan lancar. Memang ada kenaikan 10 sampai 12 persen," kata Kapolda.

Untuk memastikan keamanan dalam rangkaian perayaan Natal, kata dia, pihaknya menyiagakan pengamanan di pos-pos keamanan sekitar gereja di Banten, serta melakukan sterilisasi gereja oleh tim Gegana Brimobda Banten.

Selain itu, kata dia, pihaknya bersama unsur muspida dan forum koordinasi pimpinan daerah melakukan pemantauan ke sejumlah titik gereja di Banten.

"Harapan kita mudah-mudahan dengan kesiap-siagaan semua personel, rangkaian kegiatan ibadah dalam perayaan Natal bisa berjalan lancar," katanya.

Sedangkan personel yang disiagakan selama operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah Polda Banten sebanyak 1.208 personel polisi yang disiagakan di Pos-pos pengamamanan. Kemudian dibantu 300 personel TNI dan personil lain sekitar 2.000an yang disiapkan instansi terkait.

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016