Jambi (ANTARA News) - Kebun Binatang Taman Rimba Jambi masih menjadi objek unggulan wisata di kota ini untuk mengisi liburan Natal dan sekolah pada akhir tahun ini.

"Jumlah pengunjung di Taman Rimba sudah meningkat sejak sepekan ini, dan diperkirakan masih akan meningkat hingga awal tahun 2017," kata Pelaksana Tugas Kepala UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Endang, di Jambi, Senin.

Kebun binatang yang berlokasi persis di depan Bandara Jambi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari berbagai daerah saat musim libur akhir pekan atau pun libur panjang sekolah.

Saat libur Natal tahun ini, kata Endang, tingkat kunjungan meningkat mencapai 9.372 orang atau meningkat secara drastis jika dibandingkan pada hari biasa.

"Dari perhitungan kami dua hari kemarin itu jumlah pengunjung tembus 9.372 orang, dengan pendapatan asli daerah dari penjualan karcis mencapai Rp73,6 juta," katanya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan Perda Perubahan PAD No 6 Tahun 2015, tarif karcis masuk pengunjung dewasa hari biasa Rp8.000/orang.

Sedangkan karcis hari libur untuk orang dewasa Rp10.000/orang. Sementara untuk karcis pengunjung anak-anak masih normal yakni Rp5.000/orang.

Dia juga mengungkapkan, PAD dari penjualan karcis sepanjang Januari-Desember 2016 telah terealisasi Rp2,2 miliar atau 87 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp2,5 miliar.

Saat ini Kebun Binatang Taman Rimba Jambi sudah memiliki 400 koleksi jenis satwa langka.

Jenis satwa yang dikoleksi kebun binatang kebanggaan masyarakat Jambi tersebut mulai satwa aves (unggas), mamalia, dan reptil.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016