Batam (ANTARA News) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kamis siang mulai dipadati pemudik yang hendak merayakan Tahun Baru Imlek 2568/28 Januari 2017 di kampung halaman.

"Pantauan kami dari pagi khususnya untuk tujuan Pontianak full. Sudah ada kenaikan penumpang," kata General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kamis.

Suwarso mengatakan, pada hari ini penerbangan ke Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat dilayani oleh Maskapai Lion Air dan Citilink.

"Untuk tujuan Bandara Kuala Namu Medan dan Surbaya diperkirakan juga naik, namun unuk pagi belum begitu nampak lonjakan penumpangnya," kata dia.

Meskipun tidak sepadat saat musim Mudik Idul Fitri dan libur panjang akhir tahun, namun kondisi di depan pintu keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim Batam hingga siang ini tampak lebih padat.

Beberapa masyarakat Tionghoa yang ingin meninggaalkan Batam untuk mudik Imlek ke derah asal rata-rata juga membawa barang dengan jumlah banyak.

"Perkiraan kami hingga besok akan semakin padat khususnya penerbangan tujuan Medan, Pontianak, dan Surabaya. Untuk tujuan lain penumpangnya relatif normal," kata Suwarso.

Untuk penerbangan tujuan Medan dari Batam setiap hari dilayani Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan Nam Air dengan jumlah frekuensi berbeda-beda.

Penerbangan tujuan Bandara Juanda Surbaya dilayani oleh Maskapai Lion Air dan Citilink masing-masing dengan dua kali penerbangan perhari.

Sementara itu, kepadatan juga nampak pada Pelabuhan Domestik Sekupang yang menghubungkan Batam dengan sejumlah tempat di Kabupaten Karimun, Provinsi Jambi, dan Provinsi Riau.

Pewarta: Larno
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017