Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mengoperasikan KA Ciremai Ekspres Tambahan jurusan Bandung-Cirebon untuk mengantisipasi meningkatnya penumpang selama libur Imlek 2017 pada akhir pekan ini.

"KA Ciremai Ekspres Tambahan ini dijalankan hanya selama dua hari yaitu pada hari Jumat (27/01) dan Minggu (29/01)," kata Manager Humas PT KAI Daop 2, M Ilud Siregar, ketika dihubungi melalui telepon, Jumat.

Ia menuturkan kereta tambahan ini berangkat dari Stasiun Bandung pukul 19.45 WIB dan tiba di Cirebon pukul 23.50 WIB sementara keberangkatan dari Stasiun Cirebon pukul 15.00 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 19.08 WIB.

"Jadi tujuan akhir kereta ini hanya sampai Cirebon, berbeda dengan KA Ciremai Ekspres reguler keberangkatan Stasiun Bandung pukul 06.15 WIB yang tujuan akhirnya sampai Stasiun Semarang Tawang," kata dia.

Berkaitan dengan tingkat keterisian (oukpansi) penumpang kereta api pada masa liburan Imlek, Ilud menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah mencapai 70 persen untuk tujuan dari Bandung ke berbagai daerah.

Menurut dia, berdasarkan data, okupansi tertinggi ada di hari ini dan dirinya berpesan kepada masyarakat yang akan menggunakan kereta api untuk melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya.

"Untuk pemesanan bisa dilakukan di chanel eksternal yang telah bekerjasama dengan PT KAI (Persero) serta bisa juga melalui web PT KAI di www.kereta-api.co.id, atau aplikasi KAI Access yang bisa didownload melalui telepon genggam," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017