Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya siap mengamankan debat kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 yang akan berlangsung di Gedung Bidakara Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

"Tentu ada beberapa yang kita lakukan di sana sebelum kegiatan hari (Jumat) ini," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Jumat.

Argo menuturkan kepolisian telah melakukan "techincal wall game" atau simulasi pengamanan selama acara debat pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Simulasi itu menurut Argo untuk mengetahui kekuatan dan penempatan personil yang akan bertugas pada acara debat tersebut.

Berdasarkan kesepakatan acara debat menyediakan kursi sekitar 300 orang dengan perincian setiap pasangan calon mendapat jatah 100 kursi untuk pendukugnya.

Selanjutnya, polisi juga menempatkan polisi wanita di antara pendukung sebagai pembatas para pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Dikatakan Argo setiap tamu maupun undangan dan pendukung yang memasuki ruang debat wajib menggunakan kartu tanda pengenal.

Selain itu, beberapa anggota kepolisian menempati sektor pintu masuk dilengkapi "metal detector menuju ruang utama, kemudian di parkiran dan petugas lalu lintas di jalan raya.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017