Medan (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan membenarkan adanya gempa berkekuatan 2,5 scala richter (SR) yang terjadi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat sekitar pukul 17.46 WIB.

"Pusat gempa di darat 17 kilometer timur laut Kabupaten Karo dengan kedalaman 10 kilometer," ujar Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan di Medan, Jumat.

Menurut dia, gempa itu hanya dirasakan di sekitar kawasan itu karena meski kedalamannya 10 kilometer, kekuatannya hanya 2,5 SR.

"Gempa itu terjadi untuk kesekian kalinya pascagempa sebanyak dua kali di Sumut pada 16 Januari malam. Pada 16 Januari itu, pusat gempa di Deliserdang, Sumut," katanya.

Sejak 16 Januari terjadi beberapa kali gempa dengan terbanyak pada 17 Januari dengan total sebanyak 33 kali gempa susulan.

Gempa susulan itu sendiri memang tidak dirasakan sebagian besar warga Sumut karena selain kekuatannya lebih rendah yakni 2 hingga 4,3 SR.Kedalamannya juga lebih dalam yakni 30 kilometer dari 10 kilometer seperti 16 Januari," ujar Syahnan.

karena tidak dirasakan, gempa-gempa itu termasuk pada Jumat di Karo. tidak membuat masyarakat di luar Karo panik seperti gempa sebanyak dua kali di 16 Januari.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017