Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Klub kasta kedua sepak bola Inggris, Wolverhampton Wanderers, berhasil menang 2-1 atas Liverpool dalam laga putaran keempat Piala FA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu.

Hasil itu membuat Wolverhampton menjadi tim pertama yang memastikan satu tempat di putaran 16 besar Piala FA, setelah laga putaran keempat antara Derby County kontra Leicester City berakhir imbang 2-2 pada Sabtu dini hari WIB.

Sementara bagi Liverpool, hasil itu membuat mereka meninggalkan dua kompetisi domestik dalam dua hari berselang, setelah pada Kamis (26/1) dini hari WIB, mereka ditaklukkan Southampton 0-1 di Anfield dalam laga semi final kedua Piala Liga sekaligus membuat skor agregat 0-2.

Kemenangan Wolverhampton diraih berkat serangan efektif yang berbuah gol dari Richard Stearman dan Andreas Weimann, sementara Liverpool yang selalu mengendalikan bola sepanjang laga kesulitan menciptakan peluang dan hanya mencetak gol balasan dari kaki Divock Origi.

Liverpool dikejutkan tim tamu dengan sebuah gol cepat yang dicetak Stearman pada menit pertama dengan melepaskan diri dari kawalan dan menanduk bola tendangan bebas yang dilepaskan Helder Costa dari sisi serangan sebelah kanan.

Publik Anfield yang masih bersuara menyanyikan yel-yel Liverpool meski dalam keadaan tertinggal satu gol hampir saja dipaksa membisu pada menit 10 saat sepak pojok nan buruk dari Alberto Moreno mudah disapu barisan pertahanan Wolverhampton, memberikan kesempatan Costa melakukan akselerasi individual hingga menghadapi penjaga gawang Loris Karius dan dibayangi tiga pemain lawan. Sayangnya, penyelesaian Costa tak sempurna dan masih melebar dari sasaran, pendukung Liverpool bisa sedikit bernafas lagi.

Upaya Liverpool untuk menyamakan kedudukan tak kunjung membuahkan hasil, malahan Wolverhampton berhasil menggandakan keunggulan mereka, memanfaatkan tingginya garis pertahanan Liverpool yang tak cukup mendapat jaminan penguasaan bola yang baik dari lini tengah maupun lini depan mereka.

Sebuah serangan yang patah di tepian kotak penalti saat umpan Connor Randall berhasil dipotong, tiba-tiba berganti skena menjadi penguasaan bola cepat untuk melakukan serangan balik bagi Wolverhampton yang diakhiri dengan umpan terobosan terarah Costa kepada Andreas Weimann yang tak terkawal dan mudah menaklukkan Karius demi mengubah kedudukan menjadi 2-0 pada menit 41.

Sepanjang babak pertama, Liverpool menguasai tak kurang dari 76 persen pengendalian bola, namun tak sekalipun percobaan tembakan mereka mengarah tepat ke sasaran.

Pelatih Juergen Klopp memutuskan menurunkan Philippe Coutinho di awal babak kedua menggantikan Randall untuk menambah daya gedor, namun tak ada perubahan besar dalam permainan Liverpool, terus-terusan menggiring bola tapi kesulitan melakukan penyelesaian.

Bahkan pada menit 65, Klopp menarik keluar Roberto Firmino digantikan Daniel Sturridge, namun hal itu juga tak mengubah keadaan.

Liverpool, harus menunggu hingga menit 86 untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat Divock Origi yang berdiri bebas di area tiang jauh dalam situasi sepak pojok dan menyontek bola ke dalam gawang.

Dua menit berselang, situasi serupa kembali terjadi, namun kali ini sontekan lemah Sturridge masih bisa dihalau penjaga gawang Harry Burgoyne dengan kakinya.

Sesaat kemudian, Wolverhampton hampir membunuh pertandingan lebih awal bagi Liverpool setelah penyerang pengganti mereka, Jon Dadi Boedvarsson, merangsek ke dalam kotak penalti dalam sebuah skema serangan balik, namun tembakannya berhasil disapu oleh Lucas Leiva.

Namun upaya Liverpool sia-sia dan mereka harus meninggalkan kompetisi Piala FA lebih awal, hanya dua hari setelah mereka tersingkir dari semi final Piala Liga di tangan Southampton.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FA:

Liverpool: Loris Karius (PG); Connor Randall (Philippe Coutinho), Joe Gomez, Ragnar Klavan, Alberto Moreno, Oviemuno Ejaria (Emre Can), Lucas Leiva, Georginio Wijnaldum, Divock Origi, Roberto Firmino (Daniel Sturridge), Ben Woodburn
Pelatih: Juergen Klopp

Wolverhampton Wanderers: Harry Burgoyne (PG); Matt Doherty, Richard Stearman, Kortney Hause, Conor Coady, Andreas Weimann (Joe Mason), Lee Evans, Helder Costa (Connor Ronan), David Edwards, George Saville, Noucha Dicko (Jon Dadi Boedvarsson)
Pelatih: Paul Lambert

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017