Cirebon (ANTARA News) - Harga komoditas cabai rawit merah di Kota Cirebon, Jawa Barat, kembali mengalami kenaikan, setelah para pedagang menjual dengan harga Rp125 ribu per kilogram sehingga memberatkan bagi para pembeli khususnya ibu rumah tangga.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Harjamukti Kota Cirebon, Marni, Senin, mengatakan saat ini harga cabai rawit merah kembali mengalami kenaikan menjadi Rp125 ribu setelah sebelumnya sempat turun Rp90 ribu.

"Pas hari Sabtu (28/1) harga cabai rawit masih Rp90 ribu tapi mendadak langsung naik sampai Rp125 untuk hari Senin," katanya.

Selain cabai rawit merah, cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, yaitu kenaikan berkisar Rp10-20 ribu.

Marni menuturkan, saat ini ia menjual cabai rawit hijau seharga Rp100 ribu, naik Rp20-30 ribu dari harga sebelumnya yang berkisar antara Rp70-80 ribu per kilogram.

"Otomatis dengan kenaikan ini saya kurangi stok belanjaan, karena para pembeli juga mengurangi pembelian dan takut busuk juga kalau tidak laku," ujarnya.

Sedangkan untuk harga bawang merah dan putih mengalami penurunan dari sebelumnya, begitu juga dengan sayuran kol.

Sementara itu seorang ibu rumah tangga Siti Mariah mengeluhkan kenaikan harga yang terus terjadi. 

"Naik terus harganya, biasanya kalau beli cabai seperempat kilogram bisa Rp5 ribu sekarang tidak boleh," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017