Jakarta (ANTARA News) - DPP PDIP optimis pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat menang satu putaran pilkada 2017.

"Optimistis melihat gerakan tim pengusung Ahok-Djarot, memenangkan satu putaran," kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di depan rumah Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu.

Ia menjelaskan optimisme tersebut terkait dengan gerakan tim pengusung pasangan calon petahana tersebut.

Hasto juga optimistis terhadap pasangan calon kepala daerah yang mengikuti pilkada serentak di Tanah Air yang diusung partai tersebut, menang dalam pilkada.

"Optimistis pencapaian target 54 persen, tercapai target tersebut," katanya.

Sebelumnya, Hasto menyatakan pilkada serentak 2017 dan khususnya DKI Jakarta adalah ujian kematangan demokrasi Indonesia, di mana demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, seharusnya menempatkan rakyat sebagai hakim tertinggi.

"Kualitas kepemimpinan calon lah yang seharusnya menjadi dasar pilihan nurani rakyat," katanya.

Hasto menegaskan, pilkada tidak boleh menjadi alat kekuasaan yang menghalalkan segala cara untuk menang.

Berkaitan dengan pilkada serentak 2017, Hasto juga menegaskan bahwa PDI Perjuangan terus berjuang mencapai target kemenangan.

"Seluruh tahapan sudah dilakukan. Kami sudah membentuk Satgas anti politik uang dan akan mengawal suara di setiap TPS. Partai menyatu dengan relawan dan rakyat," paparnya.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2017