Teheran (ANTARA News) - Pejabat Iran melarang penerbangan semua drone pribadi di Teheran setelah dua insiden baru-baru ini menyebabkan salah satu perangkat tersebut ditembak jatuh di dekat kantor pemimpin tertinggi.

"Berdasarkan perintah terbaru sehubungan dengan pencegahan penerbangan tidak berizin oleh drone pribadi, kami menghentikan pesawat-pesawat yang menimbulkan... masalah keamanan," kata personel Garda Revolusioner Jenderal Alireza Rabii, yang departemennya bertugas dalam keamanan ibu kota.

Perintah tersebut dikeluarkan setelah dua insiden terpisah pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah beberapa drone kamera kecil yang terbang di Teheran.

Drone pertama, milik televisi pemerintah Iran, ditembak jatuh pada Desember karena memasuki zona dilarang terbang di alun-alun Enghelab, di dekat kantor pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, kantor presiden dan beberapa lembaga negara lainnya.

Bulan lalu, meriam antipesawat ditembakkan ke drone lainnya, yang rekamannya disebarkan di media sosial. Drone yang tidak dikenali itu meninggalkan daerah tersebut beberapa menit kemudian, demikian laporan AFP. (mu)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017