Jakarta (ANTARA News) - Berbagai laporan peristiwa menarik tersaji dalam berita-berita Antaranews.com pada Sabtu (1/4). Berikut lima di antaranya yang masih layak baca hari ini.

Kuis berhadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo diikuti 112.283 akun Facebook sejak beberapa minggu dibuka. Jumlah jawaban yang masuk ada 119.187, namun yang memenuhi syarat hanya 82.870 jawaban.

Jika dicetak, jumlah jawaban yang masuk bisa 14.231 sampai 20.187 lembar.

Kepolisian Jawa Tengah sudah menetapkan AMR (16) sebagai tersangka pembunuhan siswa di SMA Taruna Nusantara, Krisna Wahyu Nurachmad.

AMR membunuh teman sekolahnya itu lantaran sakit hati karena korban pernah memergokinya mencuri uang dan masalah ponsel yang disita sekolah.

Mani Bhavan, sebuah bangunan di Jalan Laburnum No. 19, Gamdevi, Mumbai, menjadi kediaman Mahatma Gandhi di kota itu mulai tahun 1917 hingga 1934, sekaligus menjadi saksi bisu sejumlah peristiwa penting dalam hidup aktivis serta pemimpin gerakan politik dan spiritual India itu.

Salah satu peristiwa paling penting yang terjadi di rumah milik sahabatnya Shri Revashankar Jagjeevan Jhaveri tersebut, adalah saat Gandhi memprakarsai gerakan Satyagraha melawan Rowlatt Act dari penjajahan Inggris pada Maret 1919.

Kementerian Perhubungan akhirnya menetapkan revisi aturan mengenai taksi dalam jaringan, online,  dalam Peraturan Menteri 26 tahun 2017 atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. 

Beberapa poin revisi diberlakukan mulai 1 April, namun pemberlakuan poin penetapan tarif batas atas dan batas bawah, kuota, pengenaan pajak, dan penggunaan nama pada STNK, masa transisi diberikan selama tiga bulan untuk pemberlakuannya. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menenggelamkan 81 kapal pelaku illegal fishing atau pencurian ikan di 12 lokasi di Indonesia sekaligus, melalui komando lewat video conference dari Desa Morela, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

"Saya akan menghitung mundur dari 10, kemudian silakan saudara ledakkan kapal-kapal itu," kata Menteri Susi memberikan aba-aba kepada Satker PSDKP Merauke. 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017