Jakarta (ANTARA News) - Ada beberapa peristiwa penting atau menarik pada Selasa (4/4), mulai dari penghematan anggaran negara, langkah baru pebulutangkis di Malaysia Terbuka hingga delegasi Indonesia di ajang pencarian model bertajuk Asia’s Next Top Model.


Presiden Joko Widodo menekankan dan menggarisbawahi  penghematan dan efektivitas anggaran di kementerian dan lembaga saat membuka Sidang Kabinet Parinpurna yang membahas Pagu Indikatif RAPBN 2018.

"Rutinitas yang sudah bertahun-tahun terjadi itu tolong lagi cek kembali. Saya kira banyak sekali biaya-biaya yang bisa dipotong, banyak sekali biaya-biaya yang bisa dihemat dan itu bisa dilarikan kepada belanja modal. Lihatlah lagi yang 2017, maupun nanti yang 2018," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta pada Selasa.


Sebanyak 20 atlet bulu tangkis putra dan putri Indonesia memastikan berlaga pada babak utama Malaysia Terbuka 2017 setelah lima pebulutangkis lolos babak kualifikasi.

Dalam pertarungan final babak kualifikasi di Stadium Perpaduan, Kuching, Malaysia, Selasa, Indonesia  menambah lima slot dari tunggal putri, ganda putri dan ganda putra. Mereka adalah tunggal putri  Lyanny Alessandra Mainaky, dan dua pemain kualifikasi Susanto Yulia Yosepin serta Mia Mawarti.

Skena indie diperkirakan muncul di Indonesia pada awal 1990-an, dan saat itu merupakan minoritas di kancah musik Tanah Air. 

Tahun 2000-an sedikit demi sedikit skena ini mulai berkembang. Generasi baru dari skena ini muncul dan lebih produktif merilis album hingga video musik dibanding generasi indie 90-an, sebut saja Mocca, yang langsung digandrungi oleh remaja saat itu lewat lagunya "Me and My Boyfriend" dan "Secret Admirer". Video klip "Me and My Boyfriend" juga berhasil meraih penghargaan video musik terbaik tahun ini versi MTV Penghargan Musik Indonesia 2003.

Itu membuat indie merangkak menjadi arus utama baru. Gejala ini ditangkap dengan baik oleh perusahaan rokok, yang kemudian mulai beralih dari menyokong band arus utama ke band indie.


Ahli geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Amien Widodo menyampaikan faktor tanaman ikut mempengaruhi terjadinya tanah longsor di Desa Banaran, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

"Tanaman yang ditanam sangat berpengaruh dan di lokasi ini saya melihat kurang ada tanaman yang akarnya mencengkeram," ujarnya ketika ditemui di sekitar lokasi bencana tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatam Pulung, Ponorogo, Selasa.

Ia mengatakan tanaman di sekitar lokasi merupakan tanaman budi daya yang memang diakuinya kurang memiliki akar kuat sehingga tidak bisa masuk ke dalam tanah.


Kualitas udara Jabodetabek, berdasarkan pantauan Greenpeace Indonesia di 19 titik periode Februari-Maret, menunjukkan angka di atas ambang batas standar nasional maupun internasional.

Salah satu polutan berbahaya, Particulate Matter (PM) 2,5, partikel halus berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrogram ditemukan di sebagian besar lokasi pemantuan dengan angka melampaui standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)dan Baku Mutu Udara Ambien Nasional.

Mengenakan masker, demi melindungi diri dari kualitas udara yang buruk, menurut Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Bondan Andriyanu, belum menyentuh permasalahan.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017