Bandung (ANTARA News) - Ketua Dewan Penasihat DPD Partai Gerindra Jawa Barat Radar Tri Baskoro mengatakan koalisi PKS-Partai Gerindra yang terjadi pada Pilgub DKI Jakarta 2017 kemungkinan besar akan berlanjut di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Dugaan saya ini sudah mengarah ke sana (koalisi PKS-Gerindra berlanjut ke Pilgub Jabar 2018) dan seperti Pilgub DKI Jakarta. Ya kemungkinan koalisi akan berlanjut sangat besar" kata Radar Tri Baskoro, ketika dihubungi melalui telepon, Kamis.

Menurut dia, koalisi antara Partai Gerindra dan PKS di Pilgub Jabar 2018 dinilai baik jika terus dilanjutkan karena saat ini sistem politik Indonesia membutuhkan adanya koalisi yang permanen.

"Tuntutan itu misalnya dituangkan dalam keserentakan pileg dan pilpres, kemudian pilkada dan pilgub dan karena harus serentak ini saya kira harus lebih efisein dan lebih baik jika koalisi di pusat satu warna dengan di daerah," kata dia.

Selain itu, Radar juga memprediksi format koalisi yang terbentuk pada Pilgub Jawa Barat 2018 akan sama dengan Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Formatnya itu satu poros dipimpin Ibu Megawati, kemudian poros kedua dipimpin oleh Pak Prabowo dan poros ketiga dipimpin oleh Pak SBY. Tiga foros ini saya kira akan dikembangkan untuk Pilgub Jabar 2018 dan yang lain," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017