Magelang (ANTARA News) - Kepolisian Resor Magelang Kota, Jawa Tengah, berhasil menghalau sejumlah suporter klub sepak bola PSS Sleman yang diduga akan membuat kegaduhan di Kota Magelang saat mereka menuju Jepara untuk mendukung tim mereka melawan Persijap.

"Kami berhasil menghalau mereka saat turun dari mobil dan memenuhi jalan raya di beberapa titik," kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Hari Purnomo di Magelang, Rabu.

Ia mengatakan Polres Magelang Kota memberikan pengamanan cukup ketat kepada massa pendukung klub sepak bola PSS Sleman yang melintas di Kota Magelang, yang ditempatkan di sejumlah titik strategis.

Ia menyebutkan pihaknya menurunkan 400 personel pengamanan, antara lain ditempatkan di persimpangan Soka (Armada), persimpangan Canguk, kawasan Pasar dan persimpangan Kebonpolo, dan area pertokoan.

"Kami juga menggandeng pihak TNI untuk ikut dalam pengamanan. Kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keributan atau tawuran selama mereka melintas di wilayah Kota Magelang," katanya.

Meski sudah mendapat pengamanan yang ketat, tapi sempat sejumlah oknum suporter membuat kegaduhan di beberapa titik. Di antaranya Persimpangan Canguk, kawasan Persimpangan dan Pasar Kebonpolo, dan area sekitar Jl A. Yani Magelang.

Mereka turun dari bus dan mobil yang dinaiki dan memenuhi ruas jalan. Aksi mereka ini membuat warga yang tengah beraktivitas di tempat-tempat tersebut ketakutan dan berlarian menghindar dari kerumunan massa.

Namun, katanya kejadian ini tidak sempat membuat suasana keruh. Sejumlah personel yang bertugas di titik-titik tersebut langsung sigap menghalau massa dan memerintahkan untuk masuk ke dalam kendaraan serta melanjutkan perjalanan.

"Tidak sampai terjadi keributan atau tawuran antara massa dan masyarakat sekitar. Kami berhasil menghalaunya dan mereka pun melanjutkan perjalanan. Kami sayangkan mereka turun dari kendaraan dan membuat takut warga," katanya.

Ia mengatakan turunnya suporter ke jalan ini akan disampaikan ke korlap atau penanggung jawab suporter tersebut. Bukan tidak mungkin, aparat akan meminta pertanggungjawaban penanggung jawab supporter itu.

Ia menuturkan Polres Magelang Kota bersiaga penuh hingga malam hari untuk mengantisipasi mereka dalam perjalanan pulang dari Jepara.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017