Jakarta, (ANTARA News) - Tiga dari empat ganda putra asal Indonesia yang sudah bertanding pada turnamen Super Series pertama tahun ini, Malaysia Terbuka, langsung tersingkir pada putaran pertama.

Pasangan muda yang baru kembali masuk pelatnas, Bona Septano/Muhammad Ahsan secara mengejutkan tersingkir di putaran pertama setelah kalah dari pemain lawas yang baru berpasangan Candra Wijaya/Luluk Hadiyanto 17-21, 18-21 dalam duel antara pasangan Merah Putih.

Dalam pertandingan yang digelar di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu, Candra/Luluk hanya membutuhkan waktu 37 menit untuk mengalahkan pasangan peringkat 19 dunia yang juga runner-up Jepang Super Series 2008.

"Mungkin tadi saya bisa mengantisipasi lebih cepat saja," Ujar Candra mengenai kemenangan tersebut.

Pemain yang menjadi juara Olimpiade Sydney 2000 bersama Tony Gunawan itu mengatakan, sudah mengetahui kebiasaan dan tipe bermain pasangannya, Luluk, sehingga bisa beradaptasi dengan cepat.

"yang bagus saya support yang kurang saya ingatkan, yang penting konsisten," kata Candra yang mengatakan Luluk mempunyai teknik bermain yang bagus.

Ganda putra Indonesia lainnya yang juga harus meninggalkan turnamen pertama 2009 berhadiah total 200.000 dolar AS itu adalah Fernando Kurniawan/Lingga Lie.

Meski berhasil memaksakan pertandingan hingga tiga game, pasangan tersebut menyerah kepada ganda tuan rumah Malaysia Hoon Thien How/Lim Khim Wah 17-21, 21-12, 15-21.

Nasib serupa juga dialami ganda yang baru dipasangkan, Rendra Wijaya/Joko Riyadi. Pasangan tersebut kalah dari ganda Korea Ko Sung Hyun/Kwon Yi Goo secara rubber-game 12-21, 21-18, 15-21 dalam waktu 39 menit.

Indonesia yang mengikutsertakan enam ganda putra --dua di antaranya dari pelatnas-- menyisakan dua pasangan lainnya, yakni ungggulan pertama Markis Kido/Hendra Setiawan dan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan baru akan bertanding Rabu malam.



Devin/Lita tantang Nova/Liliyana

Sementara itu, dua ganda campuran pelatnas, pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir dan Devin lahardi/Lita Nurlita akan bertemu di babak 16 besar setelah keduanya membukukan kemenangan pertama.

Nova/Liliyana yang menjadi unggulan pertama, hanya membutuhkan waktu 21 menit untuk menyingkirkan pasangan Korea yang lolos dari babak kualifikasi Ko Sung Hyun/Ha Juen Eun 21-14, 21-14.

Sedang Devin/Lita yang tidak diunggulkan harus bermain tiga game untuk mengalahkan pasangan Malaysia Ong Jien Guo/Chong Sook Chin 20-22, 21-14, 21-10 untuk membukukan tempat di putaran kedua.

Kedua ganda campuran pelatnas itu akan memperebutkan satu tempat di perempatfinal.

Pasangan pelatnas lainnya, Muhammad Rijal/Vita Marissa juga berhasil maju ke babak 16 besar setelah bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan sesama pasangan Indonesia, peringkat 13 dunia Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati 12-21, 21-11, 21-10.

Ganda campuran juara Jepang Super Series 2008 itu selanjutnya akan melawan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen dari Denmark.

Keberhasilan tersebut tidak diikuti sukses pasangan Anggun Nugroho/Endang Nursugianti yang tumbang di tangan unggulan delapan asal Thailand Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravitchitchaikul 11-21, 12-21.

Pemain tunggal putri Adriyanti Firdasari juga lolos ke babak berikutnya setelah tanpa kesulitan mengungguli pemain Jepang Megumi Taruno 21-8, 21-13.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009