Surabaya (ANTARA News) - Rata-rata nilai ujian sekolah (US) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Surabaya pada tahun ini mengalami kenaikan dibading tahun lalu.

"Jika tahun lalu hanya mencapai rerata 70,9 dari seluruh mapel maka tahun ini menjadi 74,3," kata Pelaksana tugas Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Surabaya Sudarminto usai pendistribusian Daftar Kolektif Nilai Ujian (DKNU) oleh Dinas Pendidikan provinsi ke Dispendik kabupaten/kota, di Surabaya, Kamis.

Sudarminto merinci kenaikan rerata terjadi pada seluruh mapel yang diujikan pada US. Untuk mapel bahasa Indonesia tahun lalu dari 72,3 meningkat menjadi 75,2, sedangkan untuk mapel IPA dari 75,0 naik menjadi 77,4 dan yang paling mencolok adalah pada bidang matematika dari rerata 65,5 di tahun 2016 menjadi 70,6 di tahun 2017.

"Kita tidak tahu, kenaikan rerata mapel matematika yang cukup signifikan mungkin salah satunya lewat tersedianya rumah matematika dan upaya guru yang optimal dalam memberikan bimbingan," kata dia.

Mantan Kepala SMAN 16 Surabaya ini menjelaskan, setelah di bagikan ke sekolah, sekolah diharapkan melakukan penggabungan nilai dengan nilai ujian pratik dari tujuh mapel.

"Pengumuman akan dilakukan secara serentak pada 10 Juni mendatang, setelah melewati penggabungan mapel dan proses verifikasi," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Sudarminto juga berpesan agar guru dan sekolah untuk mendampingi para siswa memilih sekolah yang dipilih.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Sekolah Dasar Dispendik Surabayaa Munaiyah menyampaikan setelah dibagikan, Jumat (9/6) UPTD akan melakukan verifikasi, oleh sebab itu para ketua sub rayon diharapakan membuat rekapitulasi dalam satu sub rayon.

(T.KR-IDS/C004)

Pewarta: Indra Setiawan/Willy Irawan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017