Jakarta (ANTARA News) - Jamaah haji Kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Medan (MES 01) menjadi rombongan pertama calon haji asal Indonesia yang tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Menurut informasi dari Kemenag, Kloter MES 01 tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Jumat, pukul 11.10 waktu setempat.

Mereka mendarat 25 menit lebih awal karena semula dijadwalkan akan mendarat pukul 11.35 waktu setempat.

Hari ini dijadwalkan 11 kloter akan mendarat di Bandara AMAA Madinah, di antaranya Kloter 1 Embarkasi jakarta Pondok Gede (JKG 01) , Kloter 1 Embarkasi Padang (PDG 01) dan Kloter 1 Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 01).

Sebelumnya, satu penerbangan haji dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Jumat, karena terjadi pengelupasan landasan setelah pesawat pengangkut jamaah haji kloter pertama jenis B777 tinggal landas menuju Madinah, Arab Saudi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso di Jakarta, menjelaskan bahwa dengan kerusakan pada landasan diperlukan waktu untuk perbaikan, dan untuk itu Bandara Halim PK ditutup selama kurang lebih tiga jam sesuai dengan nomor NOTAM A2511/17 yang dikeluarkan Direktorat Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk segera mengkoordinasikan dengan pihak Manajemen PT Angkasa Pura II dan panitia embarkasi haji Bandara Halim Perdanakusuma untuk penanganan pelayanan jamaah haji dengan adanya keterlambatan tersebut.

"Hari ini, Jumat (28/7) sesuai jadwal akan diberangkatkan tiga penerbangan haji melalui bandara Halim PK dengan rincian satu penerbangan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan dua penerbangan dengan menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan masing-masing menggunakan jenis pesawat B777," tuturnya.

Agus menjelaskan agar pemberangkatan jadwal penerbangan haji berikutnya tidak mengalami keterlambatan yang signifikan karena penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma, maka penerbangan haji berikutnya yang rencana akan melalui Bandara Halim PK pukul 12.00 WIB dengan pesawat Saudia Airlines untuk sementara dialihkan ke bandara Soekarno-Hatta dengan jadwal pemberangkatan pukul 13.05 WIB.

Baca: Jamaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Arab Saudi

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017