Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo menginstruksikan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terhadap mantan gubernur Basofi Soedirman, yang meninggal dunia hari ini.

"Sehubungan dengan meninggal dunianya Bapak Basofi Soedirman maka agar mengibarkan bendera setengah tiang," demikian instruksi gubernur yang disampaikan Kepala Bagian Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui layanan perpesanan kepada Antara di Surabaya, Senin.

Gubernur Soekarwo, yang sekarang sedang melakukan kunjungan kerja ke Italia, Rusia dan Jerman, menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang di lingkungan instansi pemerintah provinsi hari ini.

Mantan Gubernur Jawa Timur Basofi Soedirman meninggal dunia pada usia 77 tahun hari ini, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra Jakarta.

Jenazahnya menurut rencana dikebumikan di Pemakaman San Diego Hills di Karawang setelah disemayamkan di rumah duka di kawasan Kemang Timur.

Basofi Soedirman lahir di Bojonegoro pada 20 Desember 1940. Purnawirawan TNI Angkatan Darat berpangkat mayor jenderal itu menjabat sebagai Gubernur Jatim periode 1993-1998.

Sebelumnya Basofi menjabat sebagai Kasdam I/Bukit Barisan (1986-1987) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (1987-1992).

Basofi juga pernah meramaikan bursa musik Indonesia dengan lantunan lagunya yang berjudul "Tidak Semua Laki-Laki".

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017