Nunukan (ANTARA News) - Sebanyak 116 peserta haji Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, didominasi kalangan perempuan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, M Saberah di Nunukan, Senin menyatakan, pada pemberangkatan 2017 calon haji di daerah itu didominasi perempuan yakni 76 dari 116 orang atau 70 persen.

Ia menjelaskan, peserta haji ini akan diberangkatkan menuju Kota Tarakan pada 11 Agustus 2017 selanjutnya masuk asrama haji pada 12 Agustus 2017 tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 embarkasi Balikpapan, Kaltim.

"Adapun usia calon haji Kabupaten Nunukan antara 26-82 tahun didominasi kalangan perempuan," sebut M Saberah. Ia menambahkan, seluruh persyaratan telah rampung termasuk manasik sehingga siap diberangkatkan.

Pelepasan peserta haji oleh pemerintah daerah setempat dilaksanakan 7 Agustus oleh Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid bertempat di Islamic Center Sei Jepun Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan.

M Saberah menyebutkan, sebagian peserta daerah itu berasal dari WNI atau TKI yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia. Pemberangkatan tahun ini (2017) sebanyak 18 TKI.

Pewarta: M Rusman
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017