Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla telah mengonfirmasi kondisi kesehatannya dalam keadaan baik setelah muncul kabar bohong atau hoax bahwa dia jatuh sakit dan dilarikan ke Singapura Kamis kemarin.

"Sehat alhamdulillah, saya hari Minggu main golf lagi, olah raga lagi," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat., setelah menunaikan salat Jumat bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Baiturrahim Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya juga tahu, saya baru tahu tadi pagi, tapi rupanya Uceng sudah jelaskan," kata dia.

Uceng, panggilan Husain Abdullah, juru bicara Wakil Presiden, telah memberikan konfirmasi tertulis Kamis malam lalu bahwa kabar itu salah dan gambar yang digunakan merupakan foto yang diambil pada 2015 saat Wapres meninjau pesawat ambulans yang akan dibeli Palang Merah Indonesia.

Kamis malam kemarin, Wapres mengatakan tengah beraktivitas di kediaman resmi di Jalan Diponegoro, Jakarta, salah satunya menulis puisi sebagai hadiah ulang tahun pernikahan emas untuk Mufidah Jusuf Kalla.

Terkait upaya mencegah tidak menjadi sasaran hoax lagi, Wapres mengimbau media selalu mencek ulang setiap hal yang akan diberitakan sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang akurat.

"Itulah sulitnya masyarakat tidak punya kesempatan untuk recheck, belum tentu tahu nomor ajudan saya, jadi kalau wartawan harus recheck, dong," kata dia.

Jk juga meminta polisi segera mengusut tuntas penyebaran hoax tentang dirinya karena dikhawatirkan kebohongannya makin meluas dan membahayakan negara.

"Ya tentu, supaya jangan terulang-ulang, jangankan ini, perang bisa terjadi karena hoax, yang terjadi antara Saudi dan Qatar kan dipicu hoax, bayangkan bahayanya kalau orang main-main dengan begitu," kata JK.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017