Singapura (ANTARA News) - Venus Williams membiarkan permainan tenisnya berbicara setelah ia membalas dendam terhadap kekalahannya di final Wimbledon dari Garbine Muguruza, untuk mengatasi petenis Spanyol itu dan melaju ke semifinal WTA Finals pada Kamis.

Petenis 37 tahun asal AS dan petenis Spanyol peringkat dua dunia itu menuju pertandingan ini dengan rekor 1-1 pada permainan "round robin" dan Williams, yang melakukan penampilan perdananya di ajang ini sejak 2009, bangkit dengan kemenangan 7-5, 6-4 untuk melaju ke empat besar.

"Saya telah terbiasa pulang setelah kalah, maka saya tahu apa yang dipertaruhkan di sini," kata Williams kepada para pewarta ketika ditanyai mengenai pendekatannya terhadap pertandingan Grup Putih ini.

Williams menolak untuk trlalu memikirkan pertandingan yang berlangsung satu jam 41 menit ini, justru ia telah mengalihkan fokusnya pada pertandingan selanjutnya melawan juara Grup Merah, yang kemungkinan akan diisi oleh Caroline Wozniacki asal Denmark.

"Saya hanya fokus pada Sabtu, berusaha untuk kembali menang. Maka saya tidak tahu apakah level saya menurun pada set kedua (saat melawan Muguruza)," tambahnya, sebelum memuji para penonton di Singapura di mana ia tampil untuk pertama kalinya.

Muguruza, yang menang 7-5, 6-0 atas Williams di Wimbledon, mengakui ia bingung dengan kegagalannya untuk menandingi lawannya setelah menindak lanjuti kekalahan dari Karolina Pliskova pada Selasa dengan kekalahan menyakitkan lainnya.

"Saya tidak berusaha untuk menjadi frustrasi, karena saya tahu saya tidak menampilkan permainan terbaik saya," kata petenis 24 tahun ini.

"Saya hanya berusaha untuk tenang, untuk tidak terburu-buru dan menunggu peluang saya. Dan hal itu tidak datang. Pada momen-momen penting, ia menaikkan tempo dan mengubah situasi."

Meski kecewa, Muguruza menyoroti tahun hebat yang ia lalui setelah menambahi gelar Wimbledon terhadap kesuksesannya di Prancis Terbuka 2016.

"Saya sangat bangga pada tahun ini. Hal ini tidak akan berubah. Saya tahu bahwa di sini akan begitu ketat, delapan petenis terbaik bermain," tambahnya.

"Tahun saya begitu luar biasa dan yang terbaik sejauh ini. Saya berkembang banyak dan itulah yang akan saya ambil," katanya dikutip dari Reuters.

(H-RF/D011)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017