Purwokerto (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengingatkan kepala daerah mengenai pentingnya menjaga integritas.

"Penting untuk bersyukur dan menjaga integritas," kata Saut Situmorang di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Hal tersebut disampaikan usai acara Pengembangan Kapasitas dan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Antikorupsi Perguruan Tinggi di Purwokerto dan sekitarnya.

Dia menjelaskan, kepala daerah harus bersyukur karena telah mendapatkan kesempatan untuk memimpin.

"Bersyukur bahwa kita sudah dikasih kesempatan memimpin, kemudian mengajak rakyat membangun ekonomi, membangun politik bersama-sama, terus uangnya dari Pemerintah Pusat dikasih ke daerah, daerah juga punya uang, punya penghasilan, kalo dikelola dengan baik tidak ngantongin, itu sudah bagus," katanya.

Dia mengatakan, korupsi tidak terkait dengan besar atau kecilnya gaji seseorang.

"Ada orang bilang karena gajinya sedikit, tidak juga, koruptor biasanya kita lihat juga gajinya lebih besar dan punya penghasilan lain. Jadi ini bukan soal gaji, ini soal hati, soal integritas," katanya.

Karena itu, kata dia, penting bagi seorang pemimpin untuk bersyukur jika memang ingin mengabdikan dirinya bagi masyarakat.

"Bersyukur telah dipilih oleh rakyatnya, imbalannya memperkuat pendidikan, membangun daerahnya, mendorong dana desa, mendorong BPJS, dan lain sebagainya," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017