Boyolali, Jawa Tengah (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyambangi Kabupaten Boyolali untuk menyerahkan lahan perhutanan sosial bagi sejumlah warga Jawa Tengah demi pemerataan ekonomi masyarakat.

Di Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, hari ini, mengenakan kemeja putih tiba di Lapangan Kantor Desa Wonoharjo pada pukul 10.45 WIB, Presiden disambut antusiastis oleh masyarakat.

Mereka berebut berjabatan tangan dengan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan jumlah luas lahan yang diberikan kepada kelompok tani berisi 1.685 kepala keluarga pada acara ini adalah 1.890,6 hektar.

Menteri mengatakan kemajuan pengolahan lahan hutan dari masing-masing desa berbeda-beda. Ada yang ditanami palawija, kayu sengon, kayu putih, jagung, nanas, padi dan dimanfaatkan sebagai ekowisata.

Siti mengingatkan bahwa aspek penting dalam pemberdayaan ekonomi adalah ketersediaan lahan dan akses dari pemerintah untuk mendukung usaha sehingga bernilai ekonomis.

Para petani yang mendapat surat keputusan perhutanan sosial dalam acara ii berasal dari Boyolali, Pemalang, Grobogan, Kudus, Blora dan Bojonegoro.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017