Paris (ANTARA News) - Polisi Prancis memburu seorang pencuri barang seni yang menggondol patung perunggu bernilai hampir setengah juta euro (sekitar Rp7,84 miliar) dari galeri Bartoux berdekatan dengan istana kepresidenan di Paris, Prancis.

Pencuri tersebut mengambil patung ibu dan anak karya seniman Kolombia Fernando Botero, kemudian dengan santai menyusuri salah satu jalan dengan pengamanan paling ketat, yang merupakan lokasi tempat Kedutaan Besar Inggris dan Jepang serta rumah dinas Presiden Prancis Emmanuel Macron, istana Elysee, berada.

Keamanan di sekitar Elysee diperketat sebagai bagian dari status keadaan darurat setelah negara tersebut dilanda serangkaian serangan teror dalam dua tahun terakhir, seperti diberitakan AFP.

Galeri itu juga hampir berseberangan dengan Kementerian Dalam Negeri Prancis, yang bertanggung jawab atas keamanan dan polisi.

Menurut rekaman kamera keamanan, pencuri berjanggut tersebut sempamengelus patung seberat 10 kilogram itu, lalu menengok ke kiri dan kanan sebelum mengambil patung dari alasnya dan diam-diam keluar.

Aksinya tidak memicu alarm berbunyi.

Staf di Bartoux baru menyadari patung hilang saat galeri ditutup pada Sabtu malam,menurut keterangan polisi.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017