Mataram (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Brigjen Pol Firli kembali mengecek kesiapan personelnya yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) penanggulangan bencana alam.

"Walaupun sudah sebulan lalu kita gelar apel kesiapannya, tapi hari ini saya lakukan panggilan luar biasa (PLB) untuk mengecek kembali kesiapan personel dan randis," kata Brigjen Pol Firli di Mataram, Senin.

Kapolda NTB mengungkapkan hal itu usai menggelar apel kesiapan di Lapangan Gajah Mada Mapolda NTB. Dalam giat tersebut, Brigjen Pol Firli turut mengecek kondisi kendaraan dinas (randis) yang dipersiapkan untuk membantu di lapangan.

Cek kesiapan ini, jelasnya, untuk mengantisipasi prediksi cuaca buruk yang sebelumnya telah diumumkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Sesuai dengan ramalan BMKG, cuaca buruk khususnya hujan, akan berlanjut hingga tiga hari ke depan, sehingga tidak menutup kemungkinan akan kembali terjadi bencana longsor dan banjir, itu yang kita antisipasi," ujarnya.

Selain itu, Kapolda NTB turut mengecek kesiapan satgas yang akan bertugas di bawah kendali operasi (BKO) Polda Bali, dalam menanggulangi dampak erupsi Gunung Agung.

Personel yang ikut tergabung dalam giat kemanusiaan di Bali ini, diambil dari jajaran Satuan Brimob dan Sabhara Polda NTB. Tidak hanya personel, bahkan sejumlah kendaraan dinas (randis) juga turut disiapkan.

"Sesuai dengan perintah Kapolri bahwa Polda NTB, Polda Jawa Timur, dan Polda Bali diminta untuk menyiapkan anggotanya. Jadi seketika dibutuhkan, bisa segera diberangkatkan," ucapnya.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017