Ottawa (ANTARA News) – Dua dari grup surat kabar terkemuka di Kanada, Postmedia dan Torstar, Senin (27/11), mengumumkan swap 41 surat kabar – yang 34 di antaranya akan ditutup.

Tidak ada pertukaran uang dalam transaksi itu, dan kesepakatan itu memungkinkan Postmedia, yang memiliki harian di sebagian besar kota Kanada, untuk mengakuisisi 22 surat kabar mingguan serta dua surat kabar harian secara gratis, yaitu Metro Winnipeg dan Metro Ottawa.

Sementara itu, Torstar – yang memublikasikan harian terbesar Kanada, Toronto Star – dan anak perusahaannya Metroland untuk mengakuisisi 15 surat kabar mingguan dan harian di sebagian besar wilayah di Ontario, serta harian 24 Hours Toronto dan 24 Hours Vancouver secara gratis.

Metroland, mengutip turunnya pendapatan iklan, juga akan menutup tiga surat kabar harian dan delapan penerbitan publik.

"Industri surat kabar di Kanada menghadapi waktu yang menantang karena turunnya pendapatan iklan dalam beberapa tahun terakhir dan fakta bahwa sejumlah surat kabar sedang menghadapi lonjakan persaingan untuk periklanan digital dari perusahaan internasional seperti Google dan Facebook," ujar perusahaan dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP.



Penerjemah: Monalisa
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017