Medan (ANTARA News) - Pihak kepolisian mengerahkan personel Satuan Brimob untuk melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Kota Medan, Minggu, menjelang malam perayaan Natal 2017.

Sterilisasi tersebut dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya benda berbahaya dan memastikan keamanan gereja yang menjadi lokasi kebaktian umat Kristiani.

Salah satu gereja yang mengalami proses sterilisasi adalah Gereja Katedral di Jalan Pemuda Medan yang merupakan gereja Katolik.

Dengan menggunakan sejumlah peralatan, tim penjinak bahan peledak Satuan Brimob Polda Sumut menyisir setiap sudut gereja tersebut.

Wakapolrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan Atmaja yang menyaksikan penyisiran itu mengatakan, personel Satuan Brimob tersebut melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metal detektor, mirror set, dan senter.

"Ini untuk memastikan daerah steril dari pelaku kejahatan dan benda mencurigakan," katanya.

Menurut AKBP Tatan, setidaknya ada 31 gereja di Kota Medan yang mendapatkan prioritas pengamanan pada perayaan Natal tersebut, terutama pada malam Natal.

Pihak kepolisian akan melakukan sterilisasidi lokasi tersebut. "Sejak kemarin kita sudah melakukan pemetaan dan penjagaan," ujar Tatan.

Untuk pengamanan Natal, Polrestabes Medan telah mengerahkan lebih dari 500 personel yang ditempatkan di berbagai lokasi, terutama di sekitar gereja.

"Kami berharap masyarakat Kota Medan yang merayakan Natal bisa melaksanakannya kegiatan dengan hati senang, damai," kata mantan Kapolres Asahan itu.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017