Jakarta (ANTARA News) - Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta menargetkan dana yang terkumpul pada 2018 sebanyak Rp300 miliar.

"Dari Rp170 miliar kira-kira tahun ini, dan mencapai Rp300 miliar tahun depan dan disalurkan untuk menopang perekonomian di `akar rumput`, menciptakan antara 20 ribu hingga 30 ribu lapangan kerja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Mall Thamrin City, Jakarta Pusat, Kamis.

"Dengan menaruh target yang tinggi Insya Allah dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari Kepala BAZIS DKI Jakarta, Zahrul Wildan serta dari Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim," katanya.

"Semua untuk berkolaborasi karena Bazis DKI ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dari PNS termasuk saya sendiri sekarang menyalurkan zakatnya melalui BAZIS DKI. Insya Allah kita gantungkan cita-cita setinggi langit ini yang mudah-mudahan bisa tercapai," kata Sandiaga.

Dia juga berterima kasih karena Mall Thamrin City menjadi salah satu yang mendapatkan anugerah sebagai salah satu mal di kawasan DKI mendapatkan predikat sadar zakat.

"Dan juga mal yang terdepan dalam kegiatan sosial dan ini teman-teman lagi mencari data apakah ada mal lain yang bisa sebelumnya dinobatkan sebagai mal secara predikatnya sadar zakat tapi ini mungkin yang pertama di Jakarta dan kemungkinan yang pertama di Indonesia, malahan di dunia," kata Sandiaga.

Jadi yang terinspirasi, agar zakat-zakat terkumpul dan tersalurkan dengan baik, BAZIS DKI sudah mulai inisiatif ini, katanya.

"Kita juga ingin ini menghidupkan ekonomi akar rumput, UKM, makanya tadi juga ada kerja sama dengan gerakan OK OCE, kita ingin lapangan kerja tercipta dan juga kekuatan daripada pondasi perekonomian UKM yang selama ini kita sebut sebagai tulang punggung perekonomian kita," kata Sandiaga.

Dia menambahkan bahwa saat ini warga banyak yang mengeluh bahwa perekonomian itu hanya didominasi oleh yang besar-besar.

"Padahal kalau kita lihat ekonomi UKM ini lebih dari 60 persen perekonomian Indonesia ditopang oleh UKM dan mereka belum mendapat akses permodalan yang cukup dan hari ini BAZIS DKI sudah memulai ini dan menyalurkannya kepada para UKM yang produktif. Oleh karena itu kita menargetkan BAZIS DKI meningkatkan pengelolaannya," kata Sandiaga.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017