Bogor (ANTARA News) - Kepala Korp Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan arus lalu lintas di jalur Puncak menjelang pergantian tahun Minggu, dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB berlangsung normal.

"Arus lalu lintas sampai jam 18.00 ini masih normal bahkan di bawah normal," kata Royke kepada media di Pos Polisi Gadog, Minggu.

Menurut Royke warga yang hendak ke Puncak telah berangkat lebih awal di pagi hari dan hari-hari sebelumnya. Sehingga menjelang diberlakukan car free night atau penutupan untuk kendaraan bermotor arus lalu lintas terpantau normal.

"Kendaraan sejak kemarin sudah terkuras, peningkatan kendaraan yang naik ke arah Puncak mencapai 33 ribuan," katanya.

Menurutnya, normalnya jumlah kendaraan hari-hari biasa yang naik ke Puncak berkisar 10-12 ribu, menjelang tahun baru terjadi peningkatan dua kali lipat dari biasanya.

Selain itu, untuk kesiapan petugas lanjutnya, juga sudah sangat siap melakukan pengamanan arus sampai tahun baru.

"Petugas siap 1x25 jam bahkan, standby agar masyarakat bisa merayakan kegiatan pergantian tahun dengan rasa aman dan nyaman tanpa ada gangguan," kata Royke.

Hingga berita ini diturunkan petugas Satlantas Polres Bogor telah bersiap untuk melakuan penutupn arus lalu lintas khusus kendaraan roda empat di jalur Puncak.

Penutupan dilakukan selama 12 jam, dan akan dibuka kembali esok pagi mulai jam 06.00 WIB.

"Penutupan ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Puncak. Karena jumlah kendaraan roda dua yang bergerak cukup banyak, jika ditambah roda empat akan semakin krodit. Makanya kita batasi jumlahnya," kata Royke.

Sementara itu, pantauan arus lalu lntas di jalur Puncak selama pagi hingga petang ini berlangsung normal. Total jumlah kendaraan yang keluar gerbang tol Ciasi sebanyak 33.407 unit, sedangkan yang masuk tol sebanyak 18.545 unit.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2017