Karawang (ANTARA News) - Investasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sepanjang Januari hingga Desember 2017 didominasi Penanaman Modal Asing dengan nilai mencapai 1.371.017 dolar AS.

"Dari investasi sebesar itu, ada 520 proyek PMA (Penanaman Modal Asing) yang berlangsung selama 2017 di Karawang," kata Kabid Pengawasan dan Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu setempat, di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk jumlah tenaga kerja yang terserap dari ratusan proyek PMA tersebut mencapai 26.551 orang.

Sedangkan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sepanjang tahun 2017 mencapai Rp7,124 triliun dengan total 91 proyek kegiatan.

Proyek yang paling banyak dari PMDN ialah industri kertas mencapai 12 kegiatan, diikuti perumahan dan kawasan industri dengan 12 kegiatan dan industri logam dasar.

Ia mengatakan, tingginya angka investasi itu disebabkan adanya rencana pemerintah pusat yang akan menggarap sejumlah proyek strategis nasional seperti bandara, kereta cepat dan lain-lain.

"Selain itu, ditetapkannya Karawang sebagai daerah kawasan industri manufaktur juga ikut membantu tingginya investasi di Karawang," kata Asep.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018