London (ANTARA News) - Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray mundur dari turnamen Australia Terbuka bulan ini karena belum pulih dari cedera pinggul yang membuatnya tidak bisa berlaga selama hampir enam bulan, sementara Kei Nishikori sudah absen dari lapangan sejak Agustus karena tendon pergelangan tangan kanannya robek.


"Sedih, saya tidak akan bermain di Melbourne tahun ini, karena saya belum siap berkompetisi," kata tiga kali juara grand slam, Murray.

"Saya akan segera terbang pulang untuk menilai semua opsi tapi saya menghargai semua pesan dukungan dan saya harap segera kembali bermain." 


Murray bermain satu set dalam pertandingan eksibisi di Abu Dhabi pekan lalu, kalah dari petenis Spanyol Roberto Bautista Agut.

Ia juga melawan Roger Federer dalam pertandingan eksibisi amal di Skotlandia pada November, namun harapannya untuk bermain dalam grand slam pertama tahun ini kandas ketika ia menarik diri dari pertandingan pemanasan Brisbane pekan ini. 

Juara Olimpiade Murray turun ke peringkat 16 dunia dan sekarang harus memutuskan apakah perlu operasi atau tidak untuk mengatasi masalah pinggulnya.

"Peluang hasil sukses yang tidak setinggi yang saya inginkan membuat (operasi) menjadi opsi sekunder saya dan harapan saya menghindari itu," kata Murray pekan ini, ketika mengumumkan ia tidak akan bermain di Brisbane.

"Akan tetapi, ini adalah sesuatu yang mungkin saya pertimbangkan, tetapi mari berharap agar tidak demikian."

Murray menjalani operasi punggung pada akhir 2013 namun kembali memainkan beberapa tenis terbaiknya dan memenangi gelar Wimbledon kedua pada 2016 serta mencapai peringkat satu dunia untuk pertama kali.  

Usaha itu berdampak pada Murray pada 2017, ketika ia hanya memenangi satu gelar. Ia bergabung dengan Kei Nishikori dalam daftar pemain yang absen pada Australia Terbuka tahun ini setelah petenis Jepang itu mundur untuk melanjutkan rehabilitasi cedera pergelangan tangan.

Beberapa pemain lainnya, termasuk petenis nomor satu dunia Rafael Nadal dan lima kali juara di Melbourne Park Novak Djokovic sedang berjuang untuk fit menghadapi Australia Terbuka. 

"Kami sepenuhnya sadar bahwa Andy sedang mengalami periode sulit dengan pinggulnya dan bahwa ia sudah melakukan semua yang mungkin untuk siap menghadapi musim panas Australia," kata direktur turnamen Australia Terbuka Craig Tiley. 


"Secara pribadi saya juga tahu bahwa Andy cinta tenis dan akan melakukan apa pun untuk bermain. Ini keputusan yang sangat sulit bagi Andy dan kami sepenuhnya menghormati ini."

Tiley yakin bahwa Novak Djokovic, yang menghadapi cedera siku, dan Nadal, yang lututnya sempat cedera, akan siap menghadapi awal turnamen di Melbourne pada 15 Januari.

"Saya bicara dengan Novak. Dia sudah punya rencana per jam dalam sehari antara ketika dia tiba dan Australia Terbuka dimulai. Dia akan siap," kata Tiley.

“(Rafa) dalam perjalanan ke sini sekarang jadi dia akan siap. Ini tidak beda dari tahun lalu...Tahun lalu kami bicara tentang kesehatan Rafa Nadal, Roger Federer dan Serena Williams dan dua pekan kemudian mereka melawan satu sama lain di final," katanya sebagaimana dikutip Reuters.


Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018