Yangon (ANTARA News) - Otoritas kehutanan Myanmar menyita sekitar 6.637 ton kayu yang ditebang secara ilegal di seluruh negeri selama delapan bulan, yakni pada April-November 2017, kata media pemerintah The Global New Light.

Penebangan liar dan penyelundupan kayu dari cadangan hutan nasional negara tersebut dan hutan kayu pribadi telah meluas, memaksa Kementerian Kehutanan meluncurkan operasi penahanan bersama polisi.

Pada Desember tahun lalu, angkatan laut Myanmar juga menyita empat kapal pribadi dengan 24 ton kayu ilegal di Laut Andaman dekat Hainggyikyun, wilayah barat daya Ayeyawaddy di negara itu, dan yang menahan total 20 orang di dalamnya

Sementara itu, parlemen Myanmar mendesak untuk mempercepat penghijauan dan memerangi pembalakan liar secara nasional untuk mencegah dampak perubahan iklim.

Myanmar adalah salah satu negara dengan sumber daya yang paling kaya di Asia Tenggara. Namun, statistik menunjukkan bahwa cakupan hutan di Myanmar turun menjadi 42,92 persen selama dua tahun terakhir dari lebih dari 57 persen pada 1990. Demikian diberitakan Xinhua.


Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018