Seoul, Korea Selatan (ANTARA News) - Korea Utara telah menunjuk delegasi untuk pertemuan tingkat tinggi langka dengan Korea Selatan pekan ini, kata Kementerian Unifikasi di Seoul pada Minggu (7/1).

Delegasi Korea Utara untuk pertemuan Selasa di desa gencatan senjata Panmunjom, yang ada di perbatasan kedua negara, akan dipimpin oleh Ri Son-gwon, kepala badan Korea Utara yang menangani urusan antar-Korea menurut pernyataan Kementerian Unifikasi yang dikutip AFP.

Pyongyang menginformasikan kepada Korea Selatan bahwa empat pejabat lainnya akan mendampingi Ri, tambah mereka, termasuk yang bertanggung jawab pada olahraga.

Kedua Korea pada Jumat sepakat mengadakan dialog resmi pertama mereka dalam lebih dari dua tahun dan diperkirakan membahas partisipasi Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korea Selatan.

Upaya saling mendekat itu terjadi setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memperingatkan dalam pidato Tahun Baru bahwa tombol nuklir ada di mejanya, tetapi juga mengatakan bahwa Pyongyang dapat mengirim tim ke Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Seoul merespons pernyataan Kim dengan tawaran pembicaraan dan pekan lalu jaringan komunikasi antara kedua negara dipulihkan setelah terputus selama hampir dua tahun.(hs)

Pewarta: -
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018