Jakarta (ANTARA News) - Kemarin Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Rohingya di Bangladesh, gempa susulan melanda Lebak, dan nama mantan Ketua DPR Setya Novanto disebut dalam sidang perkara korupsi terkait proyek di Badan Keamanan Laut.

Selain itu ringkasan berita berikut juga merangkum berita seputar undang-undang lalu lintas dan perniagaan daring.

Presiden lepas bantuan untuk Rohingya


Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Cox Bazaar, Bangladesh, di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu.

"Beberapa kali telah dikirimkan ke Cox Bazaar, nanti pesawat ini akan turun ke Chitagong, Bangladesh," kata Presiden Jokowi usai meninjau bantuan kemanusiaan yang sudah dimuat dalam pesawat Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma.

Setya Novanto di proyek Bakamla

Managing Director PT Rohde and Schwarz Erwin Arif menyebut nama Setya Novanto saat bersaksi untuk Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Keamanan Laut (Bakamla) Nofel Hasan, yang didakwa menerima 104.500 dolar Singapura (sekitar Rp1,045 miliar) dari Fahmi Darmawasyah karena memenangkan perusahan Fahmi dalam pengadaan tersebut serta mengusahakan anggaran drone.

Saat jaksa penuntut umum KPK Kiki Ahmad Yani dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu, bertanya tentang SN, dia menjawab: "Kalau SN saya sebenernya tidak kenal, dugaan saya Setya Novanto karena menyangkut Golkar."

UKM perambah bisnis daring

Teknologi mengubah pengalaman fisik menjadi digital dan ini terjadi pada hampir semua bisnis, tak terkecuali pada usaha kecil menengah (UKM).

Penasihat senior dalam komite roadmap ecommerce Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Hadi Kuncoro, menjelaskan beberapa hal yang diperlukan UKM untuk navigasi alur dan merancang bisnis guna menyesuaikan diri dengan perubahan itu.

"Banyak platform ecommerce saat ini yang telah mencoba membuka market bagi UKM, tapi belum menyelesaikan poin isu lainnya. Ini waktunya untuk membantu UKM," kata dia dalam acara InternetRetailing Expo Indonesia 2018 di Jakarta, Rabu.

Lima poin yang dimaksud Hadi adalah pendanaan, pengetahuan bisnis, pemenuhan administrasi, teknologi dan jaringan.

Lebak kembali diguncang gempa


Gempa kembali mengguncang Kabupaten Lebak, Banten, kemarin, dengan gempa tektonik berkekuatan 4,2 SR terjadi pukul 08.49 WIB di laut 67 Km Barat Daya Lebak, Banten dengan kedalaman 36 kilometer (Km) dan titik koordinat di 7.15 Lintang Selatan 106.08 dan Bujur Timur. Getarannya terasa di sekitar Kecamatan Bayah, Panggarangan, dan Malingping.

Taksi daring dalam UU LLAJ

Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Umar Aris menegaskan bahwa pengaturan mengenai taksi dengan aplikasi berbasis teknologi dalam jaringan telah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Taksi dalam jaringan yang pemesanannya menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi, telah diakomodasi dalam Undang-Undang LLAJ PP Nomor 74 Tahun 2014 dan Permenhub Nomor PM 108 Tahun 2017," kata Umar di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu.

Ketentuan Pasal 151 huruf a UU LLAJ, kata Umar, sudah mengakomodasi angkutan sewa khusus yang merupakan angkutan umum dengan tanda nomor kendaraan bermotor warna dasar hitam.



Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018