New Delhi (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo meninggalkan India menuju Pakistan untuk melanjutkan kunjungan kenegaraan pada Jumat.

Presiden dan Ibu Negara menumpang pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang lepas landas dari Landasan Udara Palam di Delhi pukul 13.43 waktu setempat. Lama penerbangan dari Palam menuju Islamabad di Pakistan diperkirakan satu jam 20 menit.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Koodinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki turut mendampingi Presiden dalam penerbangan itu.

Dalam kunjungan kerjanya di India, Presiden antara lain menghadiri KTT Peringatan ASEAN-India 2018 dan peringatan Hari Republik India. Selain itu Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Dalam pertemuan dengan PM Modi, Presiden menyampaikan perlunya kerja sama maritim untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik. Presiden juga meminta pemerintah India mengkaji kebijakan penaikan tarif masuk minyak nabati.

Dan saat bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam, Presiden berbicara tentang negosiasi tentang Zona Ekonomi Eksklusif untuk menghindari konflik di perairan dan menyampaikan kekhawatiran mengenai regulasi persyaratan non-tarif terhadap ekspor kendaraan bermotor.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018