Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara terus membenahi sistem irigasi di daerah itu untuk mendorong peningkatan produksi sektor pertanian.

"Sistem irigasi yang baik sangat mempengaruhi tingkat produksi pangan khususnya padi, sehingga ini menjadi perhatian utama kami," kata Bupati Konawe, Kery Konggoasa, di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, Konawe merupakan salah satu sentra produksi pangan jenis padi di Sultra sehingga pihaknya terus memperkuat ketahanan pangan di daerah itu.

"Pengaturan air untuk mengairi sawah harus bagus, karena itu kami bangun fasilitas infrastruktur untuk mengatur pengairan agar sawah bisa mendapatkan pengairan sepanjang tahun," katanya.

Kalau sistem pengairan lancar kata Kery, maka petani bisa melakukan penanaman rata-rata minimal dua kali setahun.

"Kita juga mendorong agar produktivitas petani meningkat dari kondisi saat ini masih sekitar enam ton per kehtare, ita bisa menargetkan delapan ton per hektare," katanya.

Selain itu katanya, pihaknya juga menyuplai benih semua komoditi pertanian kepada petani dengan harapan bisa meringankan beban petani agar petani tidak sulit dalam mengembangkan pertaniannya.

"Selanjutnya kami juga memberikan bantuan berupa sarana traktor tangan dan lainnya agar petani yang tersebar di beberapa kecamatan dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan baik, serta memudahkan mereka menggarap sawah dan mengembangkan produksi padi," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018