Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk merangkul pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk turut menyemarakkan perhelatan Asian Games 2018 yang rencananya akan dibuka pada 18 Agustus mendatang, demikian disampaikan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan akan mengutamakan UMKM produsen produk-produk yang berpotensi diminati oleh para atlet negara peserta, ofisial, pendukung dan seluruh masyarakat yang turut menikmati Asian Games 2018.

"Kebetulan ini filosofinya Asian Games ini untuk semua, untuk semua warga Jakarta dan rakyat Indonesia. Kita juga ingin merangkul ekonomi bawah, akar rumput kelas menengah ke bawah khususnya UMKM," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu pada Rapat Penyediaan Suvenir Produk UMKM pada Asian Games 2018.

Dia bersyukur diundang rapat penyediaan suvenir produk UMKM untuk Asian Games dalam rangka penciptaan lapangan kerja yang bergelora.

"Kita ingin mereka memproduksi barang-barang yang menjadi buruan dari para peserta para turis baik Asian Games maupun sekitarnya dalam rangka Asian Games ini," kata Sandiaga.

Dengan harapan perhelatan Asian Games menjadi bonus untuk para UMKM mendorong produk mereka agar lebih laku, katanya.

"Kami dari pemprov akan berkoordinasi dengan INASGOC dan kami akan memastikan seluruh aset pemprov menjadi area pop up market di mana mereka bisa mendirikan seperti sentra UKM menjual produk-produk yang mulai dari kuliner dan juga produk-produk suvenir," kata Wagub.

Beberapa suvenir diantaranya sandal yang merupakan produksi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Salemba, gantungan kunci, boneka dan desain baju-baju.

"Tadi saya liat ada deodoran, sabun, ada juga dompet, tas, semua yang ramah lingkungan juga. Jadi banyak sekali itemnya ada 16 sektor di ekonomi kreatif akan kita dorong. Semua tergabung dari OK-OCE, kita juga libatkan Kadin, Hipmi, Iwapi serta melibatkan seluruh penggerak penggerak UMKM," kata Sandiaga.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018