Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan meraih kemenangan perdananya pasca disatukan kembali sebagai pasangan, setelah duet kuat ini sempat berpisah kurang lebih satu setengah tahun, karena Hendra Setiawan yang memutuskan berkarir di jalur non-pelatnas.

Dalam data yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, turnamen bulu tangkis India Terbuka 2018, menjadi kejuaraan internasional pertama Hendra/Ahsan sejak kembali dalam peta persaingan bulu tangkis dunia. Keduanya, baru saja melewati putaran pertama dengan memetik kemenangan dari Krishna Prasad Garaga/Dhruv Kapila (India), dengan skor 25-23, 21-9.

Dalam pertandingan ini, Hendra/Ahsan masih belum tampil seratus persen. Keduanya masih sering melakukan kesalahan-kesalahan sendiri, terutama di gim pertama, yang terlihat walau sudah unggul dalam kedudukan gim point 20-17, namun Hendra/Ahsan belum dapat menyelesaikan permainan, bahkan Garaga/Kapila balik unggul 21-20.

Akan tetapi, pasangan Juara Dunia 2013 dan 2015 ini menunjukkan kematangannya dengan tetap tenang di saat-saat kritis. Secara kemampuan, Hendra/Ahsan memang jauh lebih unggul dari lawan, mereka pun akhirnya merebut gim pertama, bahkan di gim kedua, kemenangan diraih dengan relatif mudah.

"Awalnya nggak gampang juga, seperti kurang siap," kata Hendra soal pertandingan.

Ahsan menyebut mereka memang sempat lengah dalam pertandingan itu, terutama di akhir gim pertama, dan setelah berusaha untuk tenang, mereka akhirnya memenangkan pertandingan.

"Hari ini kami belum bisa mengukur performa kami karena kelas lawan masih di bawah," tutur Ahsan.

Meskipun sudah lama tak bertanding sebagai pasangan, namun baik Hendra maupun Ahsan mengaku tak ada yang berubah dari mereka berdua secara kebiasaan di lapangan. Sehingga mereka tak terlalu merasa kesulitan dalam hal kekompakan di lapangan.

"Rasanya nggak ada yang beda, koh Hendra sama seperti yang dulu, mungkin umurnya saja yang beda," ujar Ahsan dengan diiringi tawanya.

Ketika ditanya apakah mereka rindu berpasangan lagi setelah setahun lebih berpisah, keduanya tertawa lepas.

"Wah iya saya kangen banget sama Ahsan, ha ha ha," ujar Hendra sambil menepuk bahu Ahsan.

Yang terpenting, kata Ahsan, mereka berdua punya niat untuk berusaha, kerja keras dan berkomitmen lagi untuk yakin pada diri mereka berdua.

"Kami tidak mau memikirkan persaingan dengan pasangan-pasangan muda yang banyak yang bagus sekarang ini, yang penting dari diri kami dulu. Bagaimana latihan kami, bagaimana persiapan kami. Kami memang maunya kembali (berprestasi) tapi itu kan tidak semudah kata-kata, butuh waktu, butuh kerja keras. Hasilnya, ya kita lihat saja nanti," ujar Ahsan.

Hendra/Ahsan ditarget untuk minimal lolos ke putaran semifinal India Terbuka 2018. Akan tetapi keduanya tak mau terbebani dengan target tersebut dan memilih untuk fokus di satu demi satu pertandingan. Apalagi di putaran kedua, Hendra/Ahsan akan bertemu unggulan ketiga, Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan).

Sementara itu, di nomor lainnya, pasangan ganda campuran Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dikalahkan unggulan kedelapan, Pranaav Jerry Chopra/Sikki Reddy (India), dengan skor 21-16, 17-21, 17-21. ***4***

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018