Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund memiliki rekam jejak yang terbukti mampu menemukan sosok striker baru guna menggantikan penyerang lain yang hengkang pada bursa transfer pemain.

Untuk itu, klub dari Lembah Ruhr berharap dapat meneruskan rekam jejak itu dengan menghadirkan Michy Batshuayi dari Chelsea.

Pemain Belgia itu bergabung sampai akhir musim dengan status pinjaman dari The Blues guna mengisi celah yang ditinggalkan Pierre-Emerick Aubameyang, pencetak gol terbanyak di Liga Jerman musim lalu, yang pindah ke Arsenal pada Rabu (31/1).

Menggantikan sosok Aubameyang bukanlah perkara mudah bagi Dortmund, karena pemain internasional Gabon itu sudah mengoleksi 98 gol dari 144 pertandingan Liga Jerman untuk Dortmund.

Ia juga mengukir 15 gol dari 32 pertandingan Liga Champions serta 15 gol lainnya dari 15 pertandingan Piala Jerman, dalam empat setengah tahun kiprahnya.

Namun masalah mulai muncul dalam beberapa pekan lalu saat dia absen atau "tidak cukup fokus" pada pertandingan yang membuat marah penggemar Dortmund. Aubameyang ingin memaksakan transfernya ke Arsenal kendati ia menjadi idola penggemar Dortmund karena memiliki penyelesaian akhir yang mematikan dan  menghasilkan 13 gol di liga musim ini.

Sebelumnya, Aubameyang hanyalah striker pelapis Robert Lewandowski pada 2013. Ia benar-benar bersinar saat striker Polandia itu hengkang ke Bayern Muenchen.

Tiga tahun sebelumnya Lewandowski juga tiba di Dortmund juga sebagai pemain pelapis untuk pencetak gol Dortmund saat itu Lucas Barrios.

Saat pemain Paraguay itu pergi, barulah Lewandowski muncul sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Jerman sebanyak dua kali dan menjadi salah satu penyerang paling efisien di Eropa.

Di sisi lain, Batshuayi belum memiliki pencapaian serupa Lewandowski atau Aubameyang, karena baru mengukir 53 penampilan untuk Chelsea di semua kompetisi sejak didatangkan dari Olympique Marseille pada Juli 2016 dan mengoleksi 19 gol.

Setelah gagal meyakinkan Antonio Conte di Chelsea, pemain 24 tahun itu berharap tampil lebih banyak di tim inti yang akan memperbesar peluangnya bermain di Piala Dunia Rusia.

Dengan hanya dua kemenangan dari 13 pertandingan terakhirnya di liga dan gagal meraih kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir, Dortmund berharap besar pada gol-gol Batshuayi. Dortmund turun ke peringkat enam dan akan melawat ke markas tim juru kunci Cologne pada Jumat.

Pemuncak klasemen Liga Jerman, Bayern Muenchen, terlihat tidak dapat dihentikan ketika mereka mengejar mahkota keenamnya secara beruntun di Liga Jerman.

Mereka unggulan 16 poin di puncak klasemen dan akan melawan Mainz pada Sabtu, sedangkan tim peringkat dua Bayer Leverkusen (34 poin) melawat ke markas Freiburg.

(H-RF)

Pewarta: Antara
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018