Jakarta (ANTARA News) - Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyatakan kesiapannya menghadapi kemungkinan dirinya bersua salah satu pemain unggulan Jepang Kento Momota di turnamen bulu tangkis Jerman Terbuka 2018.

"Senjata Momota itu adalah main sabar, dia mainnya mengatur. Mirip-mirip dengan atlet China Chen Long, tetapi Chen Long postur tubuhnya lebih `galak. Jadi kalau salah arah pengembalian bola, bisa kehilangan poin. Menghadapi Momota, saya harus bermain lebih sabar," ujar Ginting dalam keterangan resmi PP PBSI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ginting memang berpeluang untuk berjumpa Momota di putaran pertama turnamen level Super 300 tersebut, dan akan terjadi jika Momota mampu lolos ke babak utama dari kualifikasi yang harus dilewatinya.

Jika pertemuan ini terjadi, artinya Ginting akan menjalani laga ketiga menghadapi Momota yang belum lama kembali berlaga usai absen selama sekitar satu tahun lebih akibat cedera.

Dari catatan pertemuan, kedua pemain sama-sama saling mengalahkan. Pada pertemuan pertama di Indonesia Terbuka 2015, Ginting dikalahkan Momota dengan skor 21-13, 16-21, 15-21.

Ginting membalas kekalahan di kandang sendiri tersebut di ajang Hong Kong Terbuka 2015, dengan kemenangan dua gim langsung, 21-7, 21-15.

"Pasti Momota mau balik lagi ke jajaran top dunia. Walaupun dia sempat absen, saya harus tetap waspadai dia. Pertemuan terakhir kami sudah lama sekali, saya sudah lama tidak melihat permainannya secara langsung," kata juara turnamen Indonesia Masters 2018 ini.

Duel Ginting menghadapi Momota ini, mungkin menjadi salah satu partai yang dinanti publik Indonesia di Jerman Terbuka 2018, karena walau belum lama "come back" Momota masih merupakan salah satu tunggal putra terbaik yang dimiliki Jepang.

Sedangkan Anthony saat ini juga tunggal putra terbaik Indonesia yang duduk di peringkat sembilan dunia, yang untuk sementara merupakan yang tertinggi di antara tunggal putra Indonesia.

Terkait dengan persiapan, Ginting mengaku sudah maksimal meskipun saat mengikuti turnamen Kejuaraan Beregu Asia 2018, dirinya mengalami cedera pada engkel kanan sehingga membuatnya tidak bisa tampil maksimal.

"Kondisi engkel saya sekarang sudah agak baikan," tuturnya.

Di nomor tunggal putra, selain Ginting, wakil Indonesia lainnya, Jonatan Christie, juga akan tampil di Jerman Terbuka 2018. Di nomor tunggal putri, Fitriani menjadi satu-satunya wakil yang turun.

Jerman Terbuka 2018 sendiri akan dihelat pada 6-11 Februari 2018 di Mulheim ad der Ruhr, Jerman.

(Baca juga: Sinisuka Ginting juarai Indonesia Masters 2018)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018