Jakarta (ANTARA News) - Bambang Brodjonegoro menjadi Pelaksana Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi (PP ISEI) periode 2015-2018 dalam lima bulan ke depan sebelum gelaran Kongres ISEI pada Agustus 2018 mendatang.

Bambang yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PP ISEI menerima jabatan Plt Ketua Umum PP ISEI karena Muliaman D Hadad yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum PP ISEI mengemban amanah baru menjadi Duta Besar RI untuk Swiss.

"Jabatan Ketua Umum PP ISEI akan berakhir pada kongres di Bandung nanti. Ketika masa jeda, wakil bisa menggantikan menjadi Plt Ketua Umum. Kami harapkan, sampai dengan Agustus mendatang, Pak Bambang bisa menjalankan tugasnya dan juga datang ke daerah-daerah," kata Sekretaris Umum PP ISEI Aviliani saat serah terima jabatan Pelaksana Ketua Umum PP ISEI di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Muliaman berharap ke depan ISEI dapat membantu pengembangan kapasitas pembangunan di Indonesia tidak hanya dari aspek daya saing tapi juga secara organisasi.

"Saya kira ada dua isu besar bagi ISEI. Pertama adalah isu daya saing dalam konteks luas, kedua struktur organisasi dalam konteks yang lebih efektif. Dua hal ini perlu terus kita pikirkan," ujar mantan Ketua Dewan Komisioner OJK itu.

Bambang Brodjonegoro yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), mengatakan akan memanfaatkan sisa masa tugas untuk menyelesaikan program atau kegiatan ISEI yang belum rampung. Selain itu, ia juga akan mempersiapkan kongres ISEI agar berjalan sukses pada Agustus 2018 mendatang di Bandung.

Selain itu, ia juga akan mendorong institusi yang dipimpinnya untuk lebih aktif dalam kegiatan ISEI.

"Saya perhatikan, tidak banyak peran Bappenas atau individu yang aktif di kegiatan ISEI. Saya harapkan Bappenas akan lebih banyak terlibat. Satu bulan ke depan, saya harus banyak keliling daerah untuk Musrenbang Provinsi, tentu kami akan sinkronkan sehingga juga dapat sekalian lebih banyak berinteraksi dan berkenalan dengan teman-teman ISEI di daerah," ujar Bambang.

Bambang juga berharap, dalam sisa lima bulan ke depan, ISEI juga dapat memberikan masukan ke pemerintah terkait pembangunan ekonomi di Indonesia.

"Meski sebagian pengurus ISEI sudah jadi bagian dari pemerintah. Tapi Presiden pasti akan lebih senang masukan datang bukan dari individu tapi dari organisasi," kata Bambang.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018