Kupang (ANTARA News) - Sekitar 200 warga Kota Kupang membersihkan sampah di Sungai Dendeng yang terletak di Kelurahan Fontei, Kecamatan Kota Raja.

Bersih-bersih bersama tersebut digelar untuk memperingati Hari Air Sedunia yang tahun ini mengangkat tema Lestarikan Alam Untuk Air.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Sungai Dendeng Muhammad Hai Ril kepada Antara di Kupang Kamis, mengatakan mereka memilih Sungai Dendeng karena memang sungai tersebut yang terbesar di Kota Kupang.

"Jadi bukan hanya masyarakat dari Kelurahan Fontein, tetapi ada kurang lebih 8 kelurahan sekitar sini yang ikut membantu membersihkan sampai di sungai ini," katanya.

Kegiatan bersih-bersih sungai Dendeng yang dipelopori oleh Balai Sungai Wilayah Nusa Tenggara II itu, melibatkan masyarakat agar mereka sadar pentingnya menjaga sungai, sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Ini juga bagian dari mengajarkan masyarakat kita untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar karena kebersihan adalah pangkal sehat," tambahnya.

Aksi bersih sungai itu pun turut melibatkan personel TNI AD dan Basarnas.
 

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018