New Delhi (ANTARA News) - Pengadilan India, Kamis (22/3), menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada 11 pria karena membunuh seorang pedagang daging muslim yang mereka duga membawa daging sapi.

Mereka, termasuk seorang pekerja dari partai berkuasa yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, terbukti bersalah membunuh Alimuddin Ansari di negara bagian timur, Jharkahand, pada Juni 2017.

Serangan itu merupakan salah satu dari serangkaian serangan yang berkaitan dengan sapi, yang dianggap suci oleh umat Hindu.

Para pria tersebut didakwa membunuh dan melakukan kerusuhan, di antara pelanggaran lain, di bawah pasal pidana India. Pengadilan di distrik Ramgarh Jharkhand tersebut menyampaikan putusannya pada Rabu.

Pengadilan mengumumkan hukuman penjara seumur hidup kepada mereka, kemarin,” ujar Rajesh Kumar, kepala petugas kepolisian senior di Ramgarh kepada AFP via telepon pada Kamis.

“Ini adalah kasus pertama yang diputuskan pengadilan terhadap (pelaku) vigilantisme sapi.”

Petugas polisi mengatakan belasan pria ditangkap atas pembunuhan itu tetapi pengadilan menunda putusannya terhadap tersangka ke-12 yang dilaporkan masih anak-anak, AFP.

Baca juga: Sapi di kota India ini pakai tanda anti-tabrak
 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018